@idberry Talkshow at SmartFM 95.9 as tweeted by @ohduy…


  • Komunitas idberry ini lahir dr ide Deddy ”dadberry” Avianto yg melihat blm adanya edukasi utk pguna bb sec maksimal di Indonesia
  • Muncullah mobile site yg tujuannya penyediaan info plus ngasih free bb themes
  • Pada dasarnya content utk blackberry bisa dibagi atas 2 jenis: aplikasi (yg biasa didownload di bb appworld) dan blackberry themes
  • Mengapa komunitas @idberry lbh memilih themes? Karena kecenderungannya jauh lbh mudah dikerjakan oleh semua org dibandingkan dgn aplikasi
  • Yg menarik adlh value dr komunitas ini create-share-collaborate yg intinya edukasi dan menyebarkan virus positif kpd yg lain
  • Hubungan yg informal, hangat dan nyaris tanpa birokrasi membuat komunitas ini jauh berkembang
  • Perkembangan komunitas ini ternyata dilirik dan diajak bekerjasama oleh para operator, brand owner dan (yg mengejutkan) dilihat oleh RIM
  • Kenapa sampai bs dilihat oleh RIM? Mnrt saya karena value mereka dan hasil karya mereka yg tsebar di portal BB di level internasional
  • Dgn kberadaan komunitas @idberry, RIM menganggap Indonesia is one step ahead dibandingkan negara lain..
  • Apa aja yg sdh dilakukan oleh komunitas @idberry selama ini?
  • Menyuarakandent spt kompetisi pembuatan themes spt the beauty of Indonesia, dukung Komodo, Earth Day dan jg Padang series
  • Adanya ODW (one day workshop) utk terus mengedukasi teman2 yg tertarik dgn dunia themes bb
  • Implikasi bwt anggota komunitas @idberry pun byk: adanya recognition dan apresiasi dr operator, dunia bisnis, media dan jg RIM
  • Dan secara finansial anggota @idberry jg menikmati hsl penjualan themes mereka secara global
  • Muncul pertanyaan: apabila themes mudah dibuat dan byk yg jago kemudian membtk komunitas sdiri..bgamana @idberry menyikapinya?
  • Mnrt saya, komunitas yg kuat ditandai dgn karakter yg kuat yg ciri2nya: moral values, ritual, dan we-ness yg kuat
  • Moral values bs dilihat dr nilai yg dibawa oleh komunitas yg mjd positioning mereka
  • Spt create-share-collaborate yg mjd moral values @idberry
  • Ritual terkait dgn segala macam aktivitas komunitas dimulai dr kebiasaan2 awal s/d menjadi kegiatan rutin komunitas
  • We-ness lbh kpd kesolidan anggota..yg tercipta dr agregat aktivitas yg dirasakan manfaatnya oleh anggotanya
  • Ke 3 cirikhas itulah yg membuat komunitas @idberry sulit ditiru oleh komunitas lain
  • Disamping idealisme dan netralitas yg terus dijaga..tentunya membuat bargain power komunitas @idberry ini jd lbh tinggi di mata sponsor
  • Kelak, tantangan berbagai komunitas di Indonesia adlh bagaimana mjd komunitas yg mandiri dan sustainable di masa yad
  • Saran saya: perkuat ciri khas komunitas anda, edukasi anggota thd nilai komunitas, dan keluar dr jebakan eksklusivitas
  • Go inklusivitas: berkolaborasi dgn para stakeholders dan berkontribusi thd pemecahan masalah yg ada di masyarakat kita
  • Demikian sharing ttg komunitas hari ini..terimakasih kpd om @idberry atas sharingnya kemarin 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: